GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME (ASD)

CULTURE

10/25/20223 min read

an abstract photo of a curved building with a blue sky in the background

GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME (ASD)

3 Tahun Yang Lalu

PENGANTAR – GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME

Gangguan Spektrum Autisme (Autism Spectrum Disorder/ASD) adalah gangguan perkembangan saraf seumur hidup yang memengaruhi cara seseorang berhubungan dengan dunia luar. Insidennya diperkirakan sekitar 1 hingga 1,5% dari populasi. Rasio pria terhadap wanita adalah sekitar 4 banding 1, sehingga gangguan ini lebih umum terjadi pada pria dibandingkan wanita.

Sebelumnya, autisme dianggap sebagai gangguan kategoris, yaitu seseorang memiliki gangguan ini atau tidak. Namun, konsep autisme sebagai gangguan spektrum berarti seseorang dapat memiliki tingkat autisme yang bervariasi yang memengaruhi tingkat fungsinya. Oleh karena itu, tidak ada dua orang dengan diagnosis ASD yang persis sama. Selain itu, diagnosis sebelumnya seperti Gangguan Asperger kini dimasukkan ke dalam ASD.

Area utama kesulitan yang dialami seseorang dengan ASD meliputi:

  1. Hubungan sosial, komunikasi sosial, dan interaksi sosial

  2. Perilaku repetitif

  3. Minat yang terbatas

  4. Kekakuan dan kepatuhan pada kesamaan

Selain itu, seseorang dengan ASD mungkin menunjukkan:

  1. Minat sensorik yang tidak biasa

  2. Persepsi atau pengalaman sensorik yang tidak biasa

  3. Disabilitas intelektual

  4. Masalah bahasa

Kesulitan dalam Hubungan Sosial, Komunikasi Sosial, dan Interaksi Sosial

Kesulitan ini dapat terlihat sebagai:

  1. Kegagalan dalam memulai dan mempertahankan interaksi sosial

  2. Kurangnya minat atau kesulitan dalam mempertahankan percakapan

  3. Berbicara di luar konteks

  4. Kegagalan dalam mempertahankan timbal balik emosional yang dapat dianggap sebagai sikap dingin, kurang empati, atau acuh tak acuh

  5. Berkurangnya berbagi minat dengan orang lain

  6. Kurangnya mencari kenyamanan dalam hubungan

  7. Defisit dalam komunikasi non-verbal seperti kontak mata yang berkurang

  8. Ketidaksesuaian dalam bahasa tubuh

  9. Gestur yang tidak biasa

  10. Kurangnya ekspresi wajah

  11. Kurangnya minat dalam menjalin pertemanan

Perilaku Repetitif

Perilaku ini dapat terlihat sebagai:

  1. Tindakan fisik atau perilaku berulang yang tampak tidak memiliki tujuan bagi orang lain

  2. Penggunaan objek dengan cara yang unik, seperti menyusun benda, membalik benda, atau mengayun-ayunkan tubuh

  3. Mengulangi apa yang dikatakan orang lain atau frasa yang tidak bermakna bagi orang lain

Minat yang Terbatas

Minat ini dapat terlihat sebagai:

  1. Hobi yang sangat sempit

  2. Ketertarikan yang tidak biasa yang tidak dimiliki teman sebaya, seperti menghafal jadwal kereta, jadwal bus, model mobil, laba-laba, dll.

  3. Ketekunan dalam mempertahankan hobi atau ketertarikan meskipun tidak sesuai dengan situasi sosial

  4. Keterikatan yang kuat pada objek atau mainan tertentu

Kekakuan dan Kepatuhan pada Kesamaan

Kekakuan ini dapat terlihat sebagai:

  1. Rutinitas harian yang kaku dengan segala cara

  2. Makan jenis makanan yang sama

  3. Cara berbicara dan percakapan yang terstruktur

  4. Ketidakmampuan untuk menyesuaikan perilaku dengan lingkungan atau situasi sosial

  5. Kesulitan dengan transisi, seperti dari rumah ke prasekolah, dari taman kanak-kanak ke sekolah dasar, dan dari sekolah menengah ke sekolah tinggi

  6. Ketidakmampuan untuk berpikir secara fleksibel

  7. Masalah dengan pemikiran abstrak

Minat Sensorik yang Tidak Biasa

Minat ini dapat mencakup:

  1. Mencium, mencicipi, dan menyentuh objek tertentu secara berlebihan

  2. Ketertarikan pada rangsangan visual seperti cahaya atau gerakan

Persepsi atau Pengalaman Sensorik yang Tidak Biasa

Ini dapat mencakup:

  1. Sensasi nyeri yang tidak normal, seperti ketidakpedulian terhadap rasa sakit

  2. Reaksi abnormal terhadap suhu

  3. Hiper atau hiposensitivitas terhadap suara

  4. Reaksi abnormal terhadap sentuhan, seperti tekanan normal dari sentuhan yang dirasakan menyakitkan

Gangguan Fungsional

Bergantung pada tingkat keparahan ASD, tingkat gangguan dapat diklasifikasikan dari Level 1 hingga 3. Level 1 diklasifikasikan sebagai membutuhkan dukungan minimal, sedangkan Level 3 membutuhkan dukungan yang sangat substansial.

Kondisi Komorbid

Orang dengan ASD sering menderita masalah psikiatri atau kesehatan mental lainnya seperti ADHD, Gangguan Kecemasan, dan Depresi. Penting bagi mereka untuk menerima pengobatan untuk gangguan ini. Mereka juga mungkin memiliki masalah bicara, bahasa, dan koordinasi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Saya Mencurigai Anak Saya Mengalami ASD?

  1. Konsultasikan dengan profesional kesehatan seperti Psikiater Anak atau Psikolog yang memahami ASD.

  2. Bersiaplah untuk menerima pendekatan tim multidisiplin dalam pengelolaan anak Anda. Tim ini dapat mencakup Psikiater Anak, Dokter Anak Perkembangan, Psikolog, Terapis Wicara, dan Terapis Okupasi.

  3. Tidak ada obat untuk ASD. Pengobatan ditujukan untuk mengatasi kondisi komorbid seperti ADHD, Gangguan Kecemasan, Depresi, serta masalah bahasa, bicara, dan koordinasi.

  4. Anggaplah diri Anda sebagai pelatih hidup bagi anak Anda untuk membantunya hidup di dunia yang mungkin sulit baginya.

  5. Bersiaplah untuk mengadopsi cara komunikasi yang berbeda dengan anak Anda yang memiliki ASD.

  6. Pahami bahwa anak Anda mungkin perlu belajar berulang kali untuk mengembangkan perilaku baru.

  7. Sadari bahwa anak Anda mungkin kesulitan menggeneralisasi apa yang dipelajari dari situasi umum ke situasi spesifik.

  8. Ambil pandangan jangka panjang. Saat anak Anda melewati berbagai tahap psikososial dari masa kanak-kanak hingga dewasa, tantangan hidup menjadi lebih kompleks dan banyak. Penting untuk terus memperbarui pengelolaan.

Layanan Konsultasi (Berbayar)
Bicaralah dengan Kami

Related Stories